link alamt lain

Fokus dan Renungan

Senin, 23 Agustus 2010


Fokus dan Renungan

Sebelum Anda mempelajari materi partisipasi dalam usaha pembelaan negara baca dan renungkan pertanyaan di bawah ini cari jawabannya pada diri sehingga sukses !
Apakah Anda serius dalam menghormati bendera merah putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ? Pernahkan Anda ikut menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekolah? Apakah Anda merasa jengkel jika ada teman dalam mengikuti upacara tidak serius ? Apakah yang Anda rasakan jika wilayah Indonesia diambil negara lain ? Ingat !! Jangan tanyakan apa yang telah diberikan negara kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang telah kamu berikan kepada negara. Bacalah berulang ulang dan tulislah jawaban Anda beserta alasannya. Kemudian tentukan diri Anda termasuk orang yang mencintai bangsa dan negara atau tidak

Fokus dan Renungan
Sebelum Anda mempelajari materi bentuk usaha pembelaan negara baca dan renungkan pertanyaan di bawah ini cari jawabannya pada diri Anda sehingga sukses!! Bagaimana sikap dan perasaan Anda saat mengikuti pelajaran PKn? senang, sedih, atau jengkel ? Manfaat apa yang Anda peroleh setelah mengikuti pelajaran PKn? Pernahkan Anda bertindak atau berperilaku sesuai yang diharapkan guru PKn ? Jika “pernah” mengapa Anda melakukan jika “tidak pernah “ mengapa tidak melakukan? “ Cinta akan mendatangkan semangat maka cintailah semua yang ada di lingkungan Anda termasuk diri Anda, masyarakat dan negara”. Tulislah jawaban Anda kemudian sampaikan pada teman di kelas!

Fokus dan Renungan
Sebelum Anda mempelajari kompetensi menampilkan peran serta dalam usaha Pembelaan Negara baca dan renungkan pertanyaan di bawah ini dan cari jawabannya pada diri Anda
Apakah benar bahwa membela negara itu hak dan kewajiban setiap warga negara? Jika benar kapan Anda pernah melakukan hak dan kewajiban itu? Apa manfaat yang akan Anda peroleh jika telah melakukan kewajiban bela negara? Apa saran yang Anda sampaikan kepada teman teman untuk bela negara? Jawablah dengan jujur Kemudian jawabannya kemukakan pada teman di kelas!! Jadilah diri Anda bermanfaat bagi orang lain, Anda akan bahagia dan sukses !!

Fokus dan Renungan:
Sebelum Anda mempelajari materi pelaksanaan otonomi daerah baca dan renungkan pertanyaan di bawah ini cari jawabannya pada diri Anda sehingga sukses !
Otomani daerah sudah berjalan kurang lebih sepuluh tahun Apakah Anda telah merasakan manfaat dan keuntungan pelaksanaan otonomi daerah? Coba utarakan manfaat yang telah Anda nikmati? Pernahkah Anda menyampaikan aspirasi kepada DPRD maupun pemerintah daerah? Jika sudah Bagaimana cara Anda menyampaikan aspirasi? Jika belum mengapa belum Anda lakukan? Coba amati kehidupan masyarakat di sekitarmu apakah setelah pelaksanaan otonomi masyarakat lebih sejahtera, Pendidikan lebih murah? Baca berulang ulang dan jawab secara jujur . Kemudian sampaikan jawaban Anda pada teman teman di depan kelas!!

Fokus dan Renungan
Sebelum Anda mempelajari materi pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah baca dan renungkan pertanyaan di bawah ini cari jawabannya pada diri Anda. Pernahkah Anda berpartisipasi aktif dalam pembuatan keputusan di kelas atau di keluarga Anda? Bagaimana rasannya jika Anda ikut dilibatkan dalam mengambil sebuah keputusan dalam kelas atau keluarga? Apakah Anda akan melaksanakan keputusan yang telah dibuat dikelas atau di keluarga? Manfaat apa yang Anda peroleh jika mentaati peraturan tata tertib sekolah? Apa yang akan Anda lakukan jika melihat teman Anda mengendarai sepeda motor tidak memakai helm? Jawab dengan jujur berikan alasan, Kemudian sampaikan jawaban Anda pada teman teman di kelas! Bersegeralah bertindak aktif, kreatif dan ihlas dalam berbagai bidang pekerjaaan Anda akan menikmati pekerjaan itu !!